Rabu, 04 September 2013

Ikan Buenos Aires Tetra

Nama Ilmiah: Hyphessobrycon anisitsi
Nama Umum: Buenos Aires Tetra
Family: Characidae
Asal: Argentina, Tenggara Brazil, Paraguay
Ukuran: 2,75 inch (7 cm)
Social: Peaceful
Panjang umur: 5 years
Zona aquarium: Pertengahan
Ukuran min. aquarium: 110 Liter
Makanan : Omnivora
Pembiakan: Bertelur
Perawatan: Mudah
pH: 5.8-8.5
Hardness: maksimal 35 dGH
Suhu: 64-82 F (18-28 C)

Asal/Persebaran:
Ikan Buenos Aires Tetra berasal dari nama ibu kota negara Argentina, Buenos Aires. Kota yg berada di tepi laut barat dari kota Río de la Plata, yang berlokasi disekitar tenggara garis pantai Amerika Selatan. Diantara beberapa sungai dan teluk, kota Río de la Plata terbentuk dari gabungan sungai Paraná dan sungai Uruguay, yang juga asal dari ikan Buenos Aires Tetra. Karena di import setiap tahun, ikan ini menjadi sangat populer bagi hobiis,karena daya tahan yg kuat serta perawatan yang mudah. Contohnya sekarang di jual untuk dibudidayakan, terutama di perikanan komersial di Florida. Ikan buenos aires menjadi paling laris di pasaran, tapi karena kecenderungan memakan tanaman, ikan ini menjadi tidak populer.

Deskripsi:
Ikan ini salah satu yang paling besar dari jenis ikan Tetra, Buenos Aires dapat tumbuh sampai ukuran 7 cm. Badannya berwarna keperakan dengan garis kebiruan menyempit yang dimulai dari belakang insang sampai pangkal ekor, dimana ada titik berbentuk seperti diamon hitam. Ekornya berwarna orange kemerahan, dan bercak merah terlihat diatas mata.Beberapa variasi warna sudah diternakkan, termasuk salah satunya yang berekor warna kuning seperti jenis Buenos Aires Albino.

Tankmates:
Meskipun secara umum ikan ini termasuk ikan pendamai, sebaiknya dijauhkan dari ikan yang lebih kecil seperti Neon Tetra, dan juga ikan yang berekor panjang seperti cupang atau angelfish. Ikan ini sebaiknya digabungkan dengan ikan tetra yang seukuran,seperti Black Widow Tetra atau Serpae Tetra, bagus juga digabungkan dengan ikan jenis Barb, Zebra Danios, Gurami hias atau Rainbowfish. Ikan penghuni bawah aquarium juga bisa digabungkan. Sekelompok ikan Buenos Aires Tetra bisa juga digunakan sebagai penjinak ikan jenis cichlids yang tidak agresif.

Habitat/Perawatan:
Ikan ini mudah beradaptasi di semua kondisi akuarium. Suhu air bisa diantata 18-28 derajat Celcius, suhu ini cocok sama seperti jika tidak ada heater aquarium. Ikan ini termasuk ikan yang aktif, jadi memerlukan ruang gerak yang cukup besar. Menggunakan aquarium yg besar ideal bagi ikan ini. Dikenal sebagai pemakan tanaman, ikan ini tidak cocok dipelihara di aquarium dengan banyak tanaman. Lebih baik menggunakan tanaman buatan, atau memilih tanaman yang tahan banting seperti Anubias, Java Fern atau Vallisneria. Dekorasi aquarium bisa juga dilengkapi dengan kayu dan bebatuan di sekeliling tepian aquarium, dan ikan ini akan nyaman di aquarium.

Makanan:
Ikan ini menerima hampir semua jenis pakan. Karena kecenderungan untuk memakan tanaman, disarankan untuk menyediakan beberapa helai daun selada atau bayam atau tanaman untuk dimakan. Jika tidak ada tanaman segar, bisa juga menyediakan pakan buatan dengan kandungan spirulina yang tinggi. Menambahkan pakan kering dan pakan beku bagus untuk variasi makanan ikan ini, dan akan mudah menerima berbagai macam jenis pakan. Ikan ini juga gemar melahap pakan hidup seperti bloodworm, daphnia dan larva nyamuk.

Perbedaan jenis kelamin:
Buenos Aires jantan memiliki ekor yg berwarna merah terang dan secara keseluruhan warnanya lebih mencolok. Terutama selama ikan ini akan berpijah. Buenos Aires betina ukurannya lebih besar dengan perut yang membulat.

Budidaya:
Buenos Aires Tetras mudah untuk diternakkan, memijahnya dapat berpasangan atau berkelompok. Jika dipijahkan dalam kelompok,sebaiknya kira-kira jumlah jantan sama dengan jumlah betinanya. Ikan yang dipijahkan sebaiknya diberi pakan hidup supaya pemijahannya berhasil. Buenos Aires dewasa bersifat kanibal sehingga akan memakan telur-telur atau anakannya, jadi harus segera dipisahkan begitu selesai pemijahan. Sediakan tanaman yang tahan banting seperti Java Moss atau ijuk untuk tempat menempelnya telur-telur. Sebaiknya air tempat pemijahan sedikit asam dan memiliki suhu diantara 23-24 derajat celcius. Dianjurkan menggunakan filter yang  halus seperti spons. Telur-telur akan menetas kurang lebih 24 jam setelah pemijahan. Dalam 3 atau 4 hari anakan buenos aires dapat makanan dari kantung telurnya dan bisa berenang bebas. Pakan anakan bisa diberi anakan udang segar atau bisa daphnia yg berukuran kecil. Jika anakan buenos aires sudah agak tumbuh besar bisa diberikan pakan udang, microworms, bloodworm atau pakan kering seperti pakan dewasa.

9 komentar:

  1. Lha ini gw bingung namanya akhirnye ktemu jg. Ikan buenos ini cocoknya dicampur dgn apa aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan ikan piranha mas hehe

      Hapus
    2. Ikan sumatra barb juga bisa punya ku aja bisa gua campur

      Hapus
  2. Dengan ikan piranha mas hehe

    BalasHapus
  3. Numpang ya bossku ^^
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM
    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU

    BalasHapus
  4. Klao untuk terapi cocok gk ya ?

    BalasHapus
  5. Apakah ikan ini bisa di campur dengan ikan komet bang apakah bisa atau sebaliknya menyerang bang

    BalasHapus
  6. Berapa umur ikan ini dapat dipijahkan

    BalasHapus